Daftar Hosting Terbaik Untuk Wordpress di Indonesia

Update Oktober 2017

Apabila Anda sedang mencari WordPress hosting terbaik dan dapat diandalkan, maka Anda berada dihalaman yang tepat. Tim Kami telah menguji semua penyedia layanan web hosting (khususnya untuk penggunaan WordPress) serta memberikan penilaian pada setiap hal penting yang harus diperhatikan, mulai dari harga, waktu akses, kemudahan penggunaan, dukungan pelayanan, dan pastinya support dengan CMS Wordpress. Berikut ini hanya terdapat 4 penyedia layanan WordPress hosting teratas yang memiliki kualitas terbaik yang bisa Anda gunakan untuk situs online Anda.

Rank
Provider Hosting
Score
Fitur Hosting
Deskripsi
Harga
1
9.9
  • SSD Space Unlimited
  • Bandwidth Unlimited
  • Core CPU 50%
  • Memory 2048MB
Sangat direkomendasikan untuk situs yang menggunakan Wordpress.
Rp 80.000,-
2
9.8
  • SSD Space Unlimited
  • Bandwidth Unlimited
  • Core CPU 50%
  • Memory 2048MB
Dengan adanya SSD maka situs WordPress Anda memiliki kecepatan akses 3 kali lebih cepat.
Rp 120.000,-
3
9.6
  • SSD Space Unlimited
  • Bandwidth Unlimited
  • Core CPU 50%
  • Memory 2048MB
Handal dan cepat untuk situs berbasis WordPress juga dimiliki oleh Jogjahost.
Rp 90.000,-
4
9.5
  • Disk Space Unlimited
  • Bandwidth Unlimited
  • Memory 1024MB
Kualitas dan keamanan server yang handal adalah 2 hal penting untuk situs berbasis WordPress.
Rp 109.900,-

wordpress hosting

Mengenal lebih dalam mengenai WordPress hosting

Saat ini banyak sekali perusahaan pemberi jasa hostin menawarkan WordPress hosting untuk mereka yang memiliki situs WordPress di Indonesia. Hal ini dikarenakan pengguna WordPress setiap harinya mengalami peningkatan yang pesat sehingga sangat dibutuhkan hosting khusus yang efektif dan memadai untuk para blogger WordPress tersebut. Hal ini terbukti dengan banyaknya muncul blogger-blogger salah satunya travel blogger atau fashion blogger. Dimana mereka menyalurkan bakat dan informasi lewat web mereka, jadi tidak heran jika lewat jalur ini banyak orang yang mendapatkan uang tidak hanya lewat sosial media saja. Pada umunya perusahaan penyedia hosting menawarkan auto install, backup otomatis, dan security.

Sejarah WordPress

Sebelum Kita membahas tentang WordPress hosting ada baiknya Kita mengenal terelbih dahulu apa itu WordPress. WordPress adalah sejenis software yang digunakan dalam membuat website, baik yang berbentuk pribadi maupun situs berita bahkan toko online sekalipun juga menggunakan WordPress. Pada tahun 2003 Matt Mullenweg yang merupakan penemu WordPress, menemukannya karena desakan kebutuhan akan sebuah software untuk publishing online. Pada saat itu terdapat software yang bernama b2 yang serupa dengan WordPress tetapi pengembangannya telah dihentikan. Disitulah Matt melihat peluang sehingga ia bersama beberapa temannya melakukan forking terhdapa b2 sehingga terciptalah WordPress. Hingga saat ini WordPress terus berkembang dengan pesat dengan berada dibawah pengendalian perusahaan Automattic.Inc.

WordPress hosting

WordPress hosting adalah suatu layanan hosting yang dibuat secara khusus untuk pengguna CMS WordPress yang dapat membantu pemilik web dapat fokus pada konten blognya tanpa harus bersusah payah mengurus masalah yang muncul akibat kesalahan teknis seperti kecepatan loading, keamanan, dan masalah terbatasnya resource limit. Hosting dibuat demikian agar dapat menunjang performa sebuah situs WordPress agar semaksimal mungkin, baik dari segi teknologi yang digunakan hingga arsitektur server yang didesain dalam keperluan situs WordPress.

Umumnya WordPress hosting bukan merupakan suatu jenis hosting melainkan lebih kepada jenis hosting manakah yang support dalam pemakaian WordPress. Berikut ini adalah jenis hosting yang dapat digunakan untuk situs yang memakai WordPress:

1. Shared hosting

Jenis hosting ini merupakan yang paling banyak digunakan, sehingga harga layanan hosting ini jauh lebih murah dibandingkan hosting lainnya. Cara kerja shared hosting adalah perusahaan pemberi jasa layanan shared hosting mengalokasikan server yang telah terinstall berbagai aplikasi server seperti web, database, PHP, DNS, dan mail termasuk control panel hosting. Kemudian konsumen akan diberikan akun untuk control panel, dimana setelah melakukan login konsumen dapat menginstal dan menjalankan websitenya. Sangat mudah bukan cara kerjanya, apalagi harganya yang murah tentu saja dalam 1 server shared hosting terdapat banyak akun konsumennya. Perusahaan pemberi shared hosting yang baik biasanya melakukan pembatasan pemakaian sumber daya dari 1 akun agar tidak menghabiskan seluruh sumber daya pada yang dapat membuat website akun lain dapat menjadi lambat.

2. Cloud hosting

Cloud hosting merupakan suatu konsep atau bentuk hosting baru, yang cara kerjanya akan membentuk server yang tercabang alias saling terkoneksi antara satu dengan yang lain dengan tujuan memaksimalkan sumber daya untuk menjaga suatu situs agar tetap online. Hal ini sangat disarankan karena tidak hanya mengandalkan hanya satu server saja melainkan beberapa server yang saling terkoneksi (bekerja sama), misalnya saja ada penyedia layanan hosting berbasis cloud memiliki 5 server yang saling terkoneksi maka jikalau situs Anda down (tidak bisa diakses) pada 1 server maka akan teralihkan ke server yang lain sehingga memudahkan pengunjung (trafik) agar tetap dapat mengakses situs Anda.

3. VPS hosting

Semi dedicated hosting muncul karena bermunculannya sistem operasi CloudLinux, sejak saat itulah perusahaan mulai menawarkan hosting jenis ini. Dengan adanya CloudLinux, perusahaan bisa memberikan pelayanan dengan sumber daya yang terjamin dan memuaskan untuk pelanggannya. Dimana setiap akun mampu memakai sumber daya hingga 2 vCPU, 5 GB RAM, I/O 10 MB. Harga hosting jenis ini sebanding dengan managed VPS dimana dapat menggunakan sumber daya yang lebih banyak dari managed VPS. Tetapi dalam kecepatan website, tetap managed VPS yang masih unggul.

4. Dedicated server

Apabila Anda menggunakan hosting jenis ini maka akan diberikan 1 server yang utuh untuk Anda gunakan sendiri, sumber daya yang Anda sewa dapat Anda gunakan sampai puas. Tetapi terdapat dedicated server yang bersifat unmanaged dan managed, dimana yang unmanaged Anda harus melakukan konfigurasi (setting) sendiri dan managed mengenai konfigurasi (setting) sudah ditangani oleh penyedia layanan hosting.

Perbedaan WordPress hosting dengan jenis hosting lainnya

Tidak sedikit yang menanyakan perbedaan antara WordPress hosting dengan hosting lainnya, penjelasannya adalah hampir semua jenis hosting bisa digunakan untuk WordPress namun letak perbedaannya ada pada hosting manakah yang support dengan penggunaan WordPress. Istilah support dengan penggunaan WordPress tidak hanya sebatas support instalasi WordPress secara instan, namun juga support pada minimal spesifikasi untuk penggunaan WordPress, umumnya terletak pada versi PHP dan MySQL.

Selain support pada spesifikasi WordPress juga memerlukan kualitas hosting yang bagus karena penggunaan WordPress memiliki kapasitas load yang cukup tinggi. Seringkali menjumpai sebuah situs yang menggunakan WordPress terlalu lambat untuk diakses juga terkadang down (tidak bisa diakses) karena overload database.

Mudahnya, sebuah situs yang menggunakan WordPress bisa dibilang tidak ringan dalam melakukan load atau menampilkan menjadi sebuah halaman, yang mana ketika ada seseorang yang mengunjungi situs Anda maka WordPress memiliki serangkaian proses untuk menampilkan halaman suatu situs. Oleh karena itu situs yang menggunakan WordPress hendaklah memilih hosting yang memiliki kualitas terbaik atau biasa disebut dengan hosting WordPress terbaik namun tidak hanya kualitas server saja yang harus diperhatikan, Kita juga harus memperhatikan kualitas dari sisi pelayaan atau support yang diberikan.

Bagaimana cara memilih hosting terbaik untuk WordPress?

Bagi Anda yang mengerti mengenai web, pasti sudah mengenal WordPress. Tetapi pada saat ini masih banyak orang yang belum mengetahui apa itu WordPress, bagaimana cara kerjanya, dan juga bagaimana cara memilih hosting terbaik untuk wordpress. WordPress hadir untuk memudahkan mereka yang berkecimpung dalam dunia web. Salah satu hal yang wajib Anda ketahui, hampir seluruh layanan web hosting telah tersedia untuk WordPress. Walaupun begitu, tidak semua menjadi terbaik dan bagus jika digunakan. Dalam memilih WordPress hosting tentunya banyak hal yang harus Anda pertimbangkan salah satunya faktor biaya yang efektif dan terjangkau. Jika biaya mahal tentu saja dapat membuat Anda tercekik, belum lagi jika tidak berfungsi dengan baik. Karena itu Anda haruslah memilih secara cermat dan tepat agar tidak rugi dan sia-sia. Apalagi WordPress sangat diperlukan untuk mereka yang aktif di blog, apalagi saat ini telah banyak munculnya blogger yang memperkenalkan keahliannya sehingga dapat mendapatkan penghasilan lewat tulisan di blog.

1. Harga Vs Kualitas

Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan apabila ingin memilih paket hosting untuk WordPress adalah harganya. Anda haruslah memilih biaya yang sesuai dengan kemampuan Anda, jangan sampai uang Anda habis terkuras untuk membayar biaya web hosting. Dan membuat Anda harus mengutang sehingga menimbulkan penumpukan hutang. Dan juga Anda harus sesuaikan web hostingnya dengan kebutuhan Anda, dimana Anda tidak begitu membutuhkan memakai WordPress yang berhosting tetapi Anda memaksakan untuk memakainnya apalagi harganya yang tidak murah. Harga kisaran untuk WordPress hosting adalah $3 per bulan dan $7 per bulan masih termasuk dalam taraf wajar untuk harga shared Wordpress hosting, dan harga VPS hosting masih termasuk wajar apabila berada dalam kisaran $20 per bulan dan $70 per bulan. Tawaran harga yang terlalu tinggi tentu membuat Anda malas menggunakan WordPress yang hosting sehingga muncullah pedagang nakal yang memberikan harga yang terlalu rendah untuk ukuran WordPress hosting. Karena itu Anda haruslah waspada baik itu untuk usahanya dan kualitasnya. Bisa saja Anda diberikan WordPress hosting tetapi kualitasnya buruk. Karena itu pintar-pintarlah dalam memilih, agar Anda tidak rugi mengeluarkan uang.

2. Pastikan WordPress Anda bekerja dengan maksimal

Masih mengenai minimal spesifikasi hosting yang dapat digunakan untuk WorPress, Anda haruslah memastikan WordPress berjalan dengan baik tanpa dihalangi masalah. Syarat minimal dalam menggunakan WordPress adalah PHP 5.2.4 dan MySQL 5.0, dimana Anda harus memeriksa apakah sudah memenuhi segala persyaratan tersebut agar situs Anda dapat bekerja dengan maksimal.

3. Riset kualitas dan repurtasi penyedia layanan hosting

Reputasi sebuah perusahaan sangat penting karena dapat mencerminkan kinerja perusahaan tersebut dan reputasi juga dapat menarik perhatian orang lain untuk menggunakan jasa perusahaan. Karena itu Anda wajib melakukan riset terhadap perusahaan web hosting agar tidak ditipu atau dirugikan. Jadi bayangkan saja jika Anda menggunakan jasa web hosting yang tidak terpecaya, tentu saja kebutuhan Anda tidak dapat dipenuhi dengan baik dan membuat pekerjaan Anda terbengkalai. Ada banyak cara untuk mencari tahu tentang perusahaan web hosting terbaik, salah satunya memanfaatkan internet dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya atau Anda dapat melihat review orang lain yang telah menggunakan jasa pada perusahaan tersebut, untuk melihat seberapa profesionalnya dan apakah perusahaan web hosting itu dapat bekerja secara jujur dalam menjadi mitra.

4. Memanfaatkan fitur tambahan

Tidak semua orang yang memiliki dana yang banyak untuk WordPress hosting, terdapat beberapa golongan orang yang sangat membutuhkan WordPress hosting tetapi dana yang dimiliki terbatas. Karena itu sebagian dari perusahaan web hosting memberikan fitur ekstra dan program yang gratis untuk menarik pengguna yang memiliki dana yang terbatas. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan baik dari perusahaan maupun konsumen dari web hosting. Dimana perusahaan akan mendapatkan pemasukan dan pengguna web hosting pun dapat menggunakan layanan tersebut walaupun dananya sedikit. Biasanya perusahaan akan memberikan tambahan 1 domain gratis, free WordPress installer, free advertising credits, dan layanan backup gratis. Hal ini tentu saja menambahkan nilai pada layanan yang telah Anda ambil dan gunakan.