Daftar VPS Hosting Terbaik di Indonesia

Update 4 Desember 2017

Apabila Anda sedang mencari VPS Hosting terbaik dan dapat diandalkan, maka Anda berada dihalaman yang tepat. Tim Kami telah menguji semua penyedia layanan web hosting (khususnya VPS) serta memberikan penilaian pada setiap hal penting yang harus diperhatikan, mulai dari harga, waktu akses, kemudahan penggunaan, dukungan pelayanan, dan lain-lain. Berikut ini hanya terdapat 4 penyedia layanan VPS hosting teratas yang memiliki kualitas terbaik yang bisa Anda gunakan untuk situs online Anda.

Rank
Provider Hosting
Score
Fitur Hosting
Deskripsi
Harga
1
9.9
  • SSD Space 20GB
  • Bandwidth 1000GB
  • CPU 2.4GHz
  • Memory RAM 1024MB
Murah tapi powerful dan juga sangat direkomendasikan untuk situs Anda yang hendak menggunakan VPS.
Rp 140.000,-
2
9.8
  • Hardisk Raid-50 20GB
  • Bandwidth Unlimited
  • Core CPU 2 x 2.0GHz
  • Memory 2048MB
VPS dengan kualitas terbaik dan lebih powerful namun diimbangi dengan harga yang cukup menarik.
Rp 400.000,-
2
9.6
  • SSD Space 40GB
  • Bandwidth 3000GB
  • Core CPU 2 x 2.0GHz
  • Memory 2048MB
Powerful, handal, dan memiliki disk space dan bandwidth yang besar, coba VPS yang satu ini.
Rp 750.000,-
4
9.5
  • SSD Space 40GB
  • Bandwidth Unlimited
  • Core CPU 2 x 2.0GHz
  • Memory 2048MB
4 hal yang menarik dari VPS ini yaitu SSD space, full root akses, control mudah, dan powerful.
Rp 900.000,-

Inilah Penjelasan Mengenai VPS (Virtual Private Server)

vps terbaik

VPS atau Virtual Private Server cukup populer dan sangat cocok digunakan pada situs web perusahaan yang aplikasinya membutuhkan konfigurasi yang spesifik dari superuser. VPS juga sangat cocok digunakan untuk para pemula bisnis web hosting yang memiliki anggaran terbatas dan menginginkan layanan yang berkualitas. VPS sendiri merupakan teknologi server side yang membuat sebuah mesin dengan kapasitas besar terbagi ke dalam beberapa virtual mesin. Masing- masing dari virtual mesin ini memberikan pelayanan system operasi dan perangkat lunak dengan konfigurasi yang cepat. VPS juga sering didefinisikan dengan sebuah metode yang digunakan untuk membagi sumber daya sebuah server menjadi beberapa server virtual. Setiap server virtual tersebut memiliki operating system sendiri seperti server. Bahkan Anda bisa melakukan reboot pada salah satu server virtual tanpa mempengaruhi server utama. Kita bisa menggunakan remote access dekstrop yang merupakan pengendali jarak jauh untuk mengendalikan VPS.

Fungsi VPS

Terdapat beberapa fungsi dari VPS yang perlu Anda ketahui, fungsi yang paling utama adalah sebagai wadah atau hosting untuk situs Anda. Fungsi lainnya dari VPS juga bisa sebagai backup server yang menjamin layanan yang diberikan selalu berjalan dengan normal. Backup server ini termasuk data dari situs web, surat elektronik, berkas, dan lain- lain. Semua layanan ini berada pada logical yang terpisah sehingga kemungkinan untuk terjadi kerusakan atau kehilangan data akan sangat kecil.

VPS juga bisa berfungsi sebagai file server yang memungkinkan Kita untuk menyimpan data, penyimpanan ini bisa dilakukan dengan melalui http maupun dengan menggunakan ftp. VPS juga dapat membantu Anda untuk melakukan pengiriman email dalam jumlah yang besar kepada para klien (customer) Anda.

Haruskah memilih VPS?

Jika Anda ingin membangun website komersial, VPS sangat dianjurkan untuk Anda jadikan pilihan. VPS akan sangat membantu Anda dalam mengelola website Anda tersebut. Anda yang memiliki domain yang jumlahnya cukup banyak juga sangat disarankan menyewa VPS. Dengan VPS Anda bisa melakukan kustomisasi untuk banyak aplikasi yang Anda gunakan seperti phyton, java server, dan lain sebagainya.

VPS juga sangat disarankan untuk Anda yang mengutamakan keamanan data dalam mengelola website. Anda akan mendapatkan fasilitas keamanan privacy yang tidak Anda temukan pada shared hosting. Anda tidak perlu meragukan keamanan data Anda karena Anda sendiri yang akan mengatur settingnya. Selain itu, Anda dianjurkan menggunakan VPS jika website Anda memiliki jumlah pengunjung yang tinggi. Jika Anda tetap menggunakan share hosting tentu Anda akan memberikan dampak pada pengguna lain yang masih satu server. Biasanya pihak hosting akan memberikan Anda peringatan dan rekomendasi untuk melakukan upgrade hosting, jika hal ini sudah terjadi maka Anda tidak perlu ragu untuk segera beranjak ke VPS.

Keunggulan menggunakan VPS

Inilah beberapa keunggulan yang bakal Anda dapatkan ketika menggunakan VPS:

Akses Root

Anda tidak memiliki akses root sehingga Anda bebas melakukan apapun terhadap VPS anda, bahkan Anda bisa menggunakan WP-Robot atau sejenisnya tanpa perlu khawatir akan diberi peringatan oleh pihak hosting.

Resource Dedicated

Kelebihan yang kedua yaitu resource dedicated atau hanya memiliki satu user saja yang bisa melakukan konfigurasi pada server yang disesuaikan dengan kebutuhannya sendiri. Tentu kelebihan ini tidak bisa ditemukan pada share hosting yang resource akan dibagi dengan ribuan pengguna lain. Jika Anda menggunakan share hosting, tentu perubahan konfigurasi khusus tidak akan mungkin dilakukan karena akan mempengaruhi semua pengguna yang menggunakan layanan shared hosting tersebut.

Harga Vs Kualitas

Kelebihan selanjutnya yaitu tentang harga VPS yang relative lebih terjangkau dibandingkan dengan dedicated server yang harganya bisa mencapai jutaan rupiah. Jika dibandingkan dengan share hosting memang harga untuk VPS terlihat sedikit lebih tinggi, akan tetapi harga tersebut sebanding dengan resource yang lebih besar yang ditawarkan oleh VPS.

Bagaimana cara memilih VPS Terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda?

Virtual Private Server atau yang biasa disingkat dengan VPS sangat diperlukan dalam dunia hosting website. Pilihan VPS yang bagus memiliki kinerja yang bagus pula, begitupun sebaliknya. Memilih VPS memang gampang-gampang susah. Meski begitu, jangan lantas langsung menerima tawaran penyedia jasa yang menjual VPS-nya dengan harga yang murah. Teliti terlebih dahulu kualitas dari VPS yang ditawarkan agar tidak menjadi kendala bagi kelangsungan bisnis yang Anda jalani saat ini. Kenapa VPS menjadi penting? Alasannya adalah dengan layanan VPS pada website kita, kita akan mempunyai unit komputer yang berada di datacenter. Ini bisa kita manfaatkan untuk berbagai keperluan, seperti web server ataupun hosting, FTP, Forex, Mail Server, dan masih banyak lagi. Untuk mendapatkan VPS terbaik yang akan meng-stabilkan performa website kita, yang perlu Anda lakukan adalah dengan mempertimbangkan hal berikut sebelum memutuskan pilihan.

Kebutuhan Visitor

Dalam hal ini, Anda harus bisa memandang dari dua sisi, yaitu sisi internal dan sisi eksternal. Sisi internal berhubungan dengan elemen pendukung website yang berkualitas. Sedangkan sisi eksternalnya adalah dengan mempertimbangkan apa yang dibutuhkan oleh target users kita sehingga keberadaan VPS ini membuat menjadikan website yang kita kelola lebih tepat guna.

Mempertimbangkan harga dan biaya operasional lain

Sebelum menentukan pilihan, lakukan observasi terlebih dahulu. Kalian bisa bandingkan harga dari beberapa provider yang menyediakan VPS ini. Carilah beberapa referensi mengenai provider yang ada lalu klasifikasikan, manakah dari sekian provider yang memiliki web hosting berkualitas. Selain itu, tentukan pula layanan yang ingin Anda beli. komparasikan kualitas, layanan dan juga harga yang ditawarkan oleh masing-masing provider. Ini akan membantu mendapatkan web hosting harga terjangkau dengan fasilitas yang bagus.

Teknologi dan resource yang dipakai

Pastikan VPS yang akan Anda beli adalah produk yang dilengkapi dengan kinerja teknologi yang paling canggih saat ini. Teknologi terbaru akan mempermudah pengguna dalam menggunakan dan juga mengontrol website yang di kelola. Pada VPS terbaru, supporting technology yang harus ada adalah RAM, disk space, CPU, dan juga inode. Keberadaan Inode pada VPS sangat signifikan yakni untuk menyimpan keseluruhan informasi yang dimiliki oleh web hosting kita. Kuantitas Inode yang dimiliki sebanding dengan banyaknya jumlah file, folder, email atau apapun yang ada dalam web hosting tersebut.

Menentukan besaran traffic data dan juga interkoneksi yang Anda inginkan

Jumlah visitor setiap harinya yang lalu lalang pada website juga perlu diperhatikan. VPS yang kita pasang harusnya mampu mengimbangi traffic kunjungan dan juga mendukung interkoneksi yang kita lakukan setiap harinya. Anda bisa konsultatikan hal ini terlebih dahulu dengan costumer’s support provider untuk mendapatkan informasi yang tepat mengenai VPS yang cocok untuk Anda beli.

Mengetahui support fasilitas yang diberikan

Mengetahui detail spesifikasi VPS yang ditawarkan oleh provider sangatlah penting. Apakah support yang diberikan sama dengan yang Anda butuhkan atau kah tidak. Amati pula testimony dan juga test pingnya. Jangan hanya terpukau dengan informasi 24/7 yang merupakan standar bagusnya VPS yang ditawarkan.

Kecepatan server

Website lemot bisa menjadi kendala bagi kita dalam mengoperasikan website yang dikelola. Beda halnya dengan website berkecepatan tinggi yang didukung dengan speed server yang mumpuni. Cepat tidaknya speed website tergantung pada jenis spek hardware yang dipakai oleh provider penyedia server itu. Kuaklah spesifikasi server terlebih dahulu. Telitilah data center dari provider VPS yang Anda gunakan. Provider VPS yang baik lebih terbuka terhadap beragam pertanyaan klien.

Privacy dan keamanan data

Perlu bagi kalian yang ingin menggunakan VPS untuk mengetahui rincian virtualisasi yang dipakai dalam VPS itu. Pastikan provider bersedia memberikan informasi yang cukup mengenai privacy dan keamanan VPS yang Anda pilih. Ini dilakukan untuk memastikan bahwa VPS yang dipilih bekerja dengan baik dan aman.

Memperhatikan lokasi Datacenter Server yang dipilih

Ada banyak lokasi datacenter di hamparan dunia ini. Tanyakan kepada pihak provider mengenai nama datacenter yang dipakai dan juga lokasinya. Di Indonesia, beberapa datacenter yang bisa ditemukan adalah IDC Batam, IDC Duren 3, GD, dan masih banyak lagi.