Panduan Blog Tips dan Tricks Menulis dan Mendapatkan Ide Konten

Salah satu hal yang perlu dipelajari setelah membuat blog dan menentukan niche blog adalah menulis atau membuat konten dan bagaimana cara mendapatkan ide atas konten tersebut. Pada halaman ini akan menjelaskan bagaimana cara mendapatkan ide konten yang sesuai dengan niche blog yang telah Anda tentukan.

mencari dan mendapatkan ide konten

Mencari, Menentukan, dan Menulis Konten

Apa tujuan ngeblog sebenarnya? Sebagian blogger menjawabnya bahwa ngeblog demi menyalurkan hobi. Ada yang memilih blog sebagai cara untuk berbagi dan bertukar informasi. Sebagian lagi ngeblog karena ingin mendapatkan penghasilan pasti.

Sebagian blogger serius membangun blog dengan niche. Ibarat penyanyi yang sedang berjuang mendapatkan penggemar maka harus memilih salah satu tema.Penggemar pop rock misalnya akan mengoleksi CD dari berbagai penyanyi dari aliran pop rock. Begitupun penggemar tema tertentu biasanya menandai atau mem-bookmark blog tertentu yang dianggap menarik.

Rahasia blog berniche yang sukses adalah kontennya selalu menarik dan up to date. Jika blog jarang diupdate atau tidak ada sentuhan baru dalam blog para pengunjung biasanya enggan untuk kembali lagi. Membangun blog memang harus dilakukan dengan penuh kesabaran. Jika blogger mengalami writer’s block atau buntu ide menulis atau blognya tak banyak pengunjung hendaknya tak buru-buru memutuskan berhenti sebagai blogger.

Rutin menulis tiap hari, tiga hari sekali, tiap minggu yang penting blog tetap diupdate. Jika belum mampu mendatangkan penghasilan setidaknya rutin ngeblog membantu melatih menulis dan memacu untuk tetap kreatif. Seperti apakah proses kreatif menulis konten? Darimanakah ide menulis konten artikel yang tak pernah berhenti? Setiap blogger memiliki sumber ide masing-masing namun secara umum hal ini bisa dipelajar.

Cara Mencari dan Mendapatkan Ide untuk Menulis Konten

Tema dan topik yang dibahas dalam blog memegang peran penting. Betapapun pandai mengolah kata jika kurang mahir menentukan tema konten maka artikel yang ditulis bisa jadi terkesan biasa-biasa saja. Akibatnya pengunjung blog mungkin memutuskan untuk tidak menjadikan blog tersebut sebagai pilihan utama. Beberapa tips berikut mungkin bisa membantu menyusun artikel yang menarik pengunjung blog dan menjadikannya nilai plus dan menarik lebih banyak peminat untuk berkunjung ke blog secara rutin?

Proses Mengolah Ide Menjadi Konten

Kedelapan cara mendapatkan ide konten tersebut cukup efektif untuk menyusun konten yang menarik. Meski tidak menutup kemungkinan blogger bisa menemukan cara kreatif lain yang menjadi tema menulis konten. Misalnya pengamatan keseharian hidup di pasar atau terminal, mewawancarai sosok yang dianggap inspiratif dalam menghadapi kehidupan yang keras. Kelak pembaca akan mengenang blog kita sebagai blog inspiratif sebab berbagi pengalaman hidup dan hikmah yang menyentuh sanubari. Sesekali menulis di luar tema niche blog bisa menjadi penyegar suasana.

Tampaknya mudah sekali bukan menyulap ide menjadi konten yang populer dan menjadikan niche blog semakin kuat? Namun perlu diingat cara apapun akan menjadi sia-sia jika hanya mengolah ide yang sudah jamak, umum dan tidak mampu menambahkan sentuhan baru. Cara ATM – Amati Tiru dan Modifikasi bisa menjadi bumerang dalam menulis konten.

Misalnya langkah Blogwalking yang dianggap paling efektif dan mudah untuk menjaring ide bisa menjadi penyebab konten yang ktia tulis tampak basi. Ada kala saat pikiran dan ide buntu maka yang dilakukan blogger dalam menjaring ide dari cara blog walking adalah: mengamati salah satu konten dalam satu blog, mencoba mengambil ide dari artikel tersebut untuk mengisi blog dengan cara mengubah urutan paragraf dan mengubah beberapa kata tanpa mengubah arti agar tidak terdeteksi sebagai karya plagiasi.

Pembaca yang belum pernah membaca inti dari artikel tersebut mungkin menganggapnya sebagai karya yang menarik. Namun bisa saja hal ini menjerumuskan blogger yang menerapkan cara ATM jika yang membaca blognya pernah membaca hal serupa di blog lainnya.

Alih-alih dianggap sebagai ahli dalam tema tersebut malah disematkan cap blogger plagiat dan kurang kreatif. Bukankah memang tak ada yang menarik dari sebuah tulisan yang tidak orisinal. Jika berniat mengaplikasikan ATM hendaknya mengambil sumber dari beberapa tulisan dari blog yang berbeda dengan tema yang sama. Pilih pembahasan yang berkaitan satu sama lain agar menjadi satu tulisan baru yang tidak memiliki kemiripan.

Seperti apakah membuat konten yang efektif? Cara berikut ini mungkin bisa membantu blogger menemukan proses kreatifnya: pilih salah satu topik yang dirasa paling menarik. Baca beberapa sumber dari portal yang populer dan dipercaya, minimal lima artikel sebagai pembanding dan pelengkap. Bandingkan pembahasan dari artikel-artikel tersebut. Teliti masing-masing kelengkapan dan kekurangannya. Tulis konten baru yang benar-benar berbeda dan orisinal dari pemikiran.

Cara ini mirip seperti saat menulis karya tulis ilmiah atau skripsi. Daftar pustaka dalam menulis bab pendahuluan di dalam skripsi mencakup lebih dari lima daftar pustaka. Kemudian di bab pembahasan bisa dituliskan opini sebagai langkah memperluas menulis skripsi. Cara demikian dapat diterapkan dalam menulis konten dalam blog.

Jika selesai menulis sebuah konten dalam rangka mengupdate blog jangan lupa untuk mempromosikannya. Seperti produk baru tak akan dikenal masyarakat jika tidak beriklan, demikian pula sebuah tulisan. Lagi-lagi yang memegang peran penting adalah blogwalking dan media sosial. Salah satu rambu-rambu dalam dunia blogging adalah saling berkunjung ke blog masing-masing. Sudah menjadi semacam perjanjian tidak tertulis bahwa blogger akan membalas kunjungan ke rumah maya blogger lain yang berkomentar di artikel terbarunya.

Sering-sering berkunjung dan meninggalkan komen sopan di artikel teman. Blogger yang peduli biasanya akan berkunjung balik ke blog teman yang meninggalkan jejak. Promosikan pula artikel yang sudah ditulis menggunakan berbagai akun media sosial yang ada. Share Twitter, Facebook, Google Plus, atau sesekali memanfaatkan instagram untuk mempromosikan tulisan terbaru menggunakan foto yang eye catching.