Panduan Blog Cara Mudah untuk Menentukan Niche Blog

Pada halaman ini Anda akan menemukan panduan untuk menentukan niche blog. Pada umumnya penentukan niche blog dapat mengambil dari sebuah minat pada suatu topik tertentu, namun tidak menutup kemungkinan menentukan niche blog berdasarkan banyaknya minat dari para pembaca. Penentuan minat dari segi para pembaca akan menentukan peluang besaran trafik atau user yang mencari topik tersebut.

Blogger yang semakin serius menekuni dunia blog biasanya tidak hanya sekedar menulis. Ia mengkhususkan diri untuk menulis artikel dan konten blog tertentu. Inilah yang disebut niche. Menentukan niche adalah salah satu cara blogger untuk menciptakan branding dirinya. Ibarat seorang penyanyi yang memilih jenis musik tertentu blogger juga dipandang perlu menentukan spesifikasi blog berdasarkan konten yang ditulisnya. Tujuan menentukan niche ini adalah untuk menentukan pasar pembaca blog, sama halnya seperti penyanyi yang memerlukan penggemar dari jenis musik tertentu.

Niche blog mempermudah pihak yang membutuhkan jasa blogger untuk mengembangkan industri atau memperkenalkan produknya. Sudah bukan rahasia lagi jika beberapa tahun belakangan jasa blogger untuk membantu mengedukasi sekaligus mempromosikan produk atau layanan jasa tertentu sedang naik daun. Niche blog membantu pihak yang berpotensi untuk menyewa jasa blogger mengerucutkan pilihan dan seleksinya.

Misalnya sebuah agency periklanan membutuhkan jasa blogger untuk memperkenalkan produk gadget terbaru. Maka dia akan berburu informasi mengenai blogger-blogger yang jago menulis atau mereview gadget. Blog yang telah memiliki niche gadget biasanya menjadi blog pertama yang dituju pembaca yang ingin menggali informasi mengenai gadget. Tepat sekali bukan jika agency tersebut menghubungi blogger yang memiliki niche gadget untuk mereview gadget terbaru dari kliennya. Iklan yang tepat sasaran.

Jarang terjadi agency yang berkepentingan mengiklankan produk fashion terbaru menyewa jasa blogger dengan niche gadget dan teknologi. Pasar pembaca dari kedua bidang inijauh berbeda. Pecinta fashion biasanya berburu informasi mengenai trend mode terbaru di blog-blog yang mengulas fashion dan gaya hidup. Jika gadget rusak dan perlu review gadget-gadget terbaru sebagai bahan perbandingan sebelum memutuskan pilihan, calon konsumen akan merujuk pada blog mengenai gadget. Jika mencari review gadget pada blog tentang dunia fiksi adalah hal yang dianggap membuang waktu. Maka memilih niche itu perlu.

Keuntungan Blog yang Memiliki Niche

Benarkah niche blog menentukan besar penghasilan blogger? Jawabnya relatif bisa ya atau tidak. Namun diakui bahwa niche blog sangat membantu blogger dalam menemukan pintu-pintu yang berpotensi menjadi jalan rezeki dan memiliki banyak keuntungan.

Memiliki niche blog membantu blogger mengukur kebutuhan pasar. Bisa dikatakan niche blogging membidik target pembaca. Namun perlu ditekankan bahwa blogger yang memilih niche tertentu hendaknya tidak memaksakan diri menulis di luar pengetahuannya. Brand blogger menjadi lebih kuat jika ia mampu mengoptimalkan ilmu, pengetahuan, wawasan mengenai tema spesifik yang pada akhirnya membantu membangun blog dengan niche tertentu.

Misalnya blogger yang memiliki latar belakang pendidikan ekonomi dan manajemen, ia bisa membangun blog dengan niche khusus finansial. Para pengunjung bisa menemukan artikel tentang tips mengelola keuangan keluarga, memilih investasi yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan serta info dan tips berkaitan dengan finansial.

Dapat diambil kesimpulan bahwa blog dengan niche ini membawa keuntungan baik bagi pemilik blog maupun pengunjungnya. Pengunjung blog lebih mudah menelusuri artikel-artikel sesuai kebutuhan yang spesifik. Sedangkan bagi pemilik blog keuntungannya lebih banyak lagi, yaitu:

Bagaimana Membangun Niche Blog?

Niche blog dibangun dengan cara memfokuskan pada tema tertentu. Bagaimana cara membangun niche blog dengan efektif? Blogger bisa membangun niche dengan alasan:

Jenis-jenis Niche Blog

Niche blog memang memiliki banyak kelebihan. Tetapi juga memiliki kekurangan. Terutama jika blogger kurang serius dalam mengembangkan niche blognya. Niche blog merupakan pembahasan blog yang menjurus pada satu tema yang sama. Jika blogger kurang kreatif maka blog tersebut mungkin menjadi blog yang monoton bagi para pengunjungnya. Untuk mengatasinya tidaklah mengapa sesekali memasukkan unsur tema yang berbeda ke dalam blog niche ini. Tergantung pada kepiawaian blogger dalam mengolah kata dan mengaitkan tema niche blognya dengan tema berbeda.

Blog berniche makanan atau food blog misalnya bisa dibumbui dengan tema rekreasi sesekali. Ibaratnya berwisata sambil menikmati wisata kuliner. Makanan khas di sebuah kota wisata tertentu bisa menjadi pemanis blog berniche food and beverages. Foto-foto dan video dalam blog pun lebih bervariasi, antara foto dan video pemandangan alam diselingi foto makanan siap santap. Pengunjung blog yang mendapat penyegaran di sela-sela menelusuri artikel tentang makanan favorit atau resep dapur istimewa.

Seperti apakah jangkauan topik niche blog yang disarankan? Berikut ini adalah niche blog berdasarkan modelnya: