Daftar Cloud Hosting Terbaik di Indonesia

Update 4 Desember 2017

Apabila Anda sedang mencari Cloud hosting terbaik dan dapat diandalkan, maka Anda berada dihalaman yang tepat. Tim Kami telah menguji semua penyedia layanan web hosting (yang masuk ataupun tidak masuk dalam daftar dibawah ini) serta memberikan penilaian pada setiap hal penting yang harus diperhatikan, mulai dari harga, waktu akses, kemudahan penggunaan, dukungan pelayanan, dan lain-lain. Berikut ini hanya terdapat 3 penyedia layanan Cloud hosting teratas yang memiliki kualitas terbaik yang bisa Anda gunakan untuk situs online Anda.

Rank
Provider Hosting
Score
Fitur Hosting
Deskripsi
Harga
1
9.9
  • Disk Space Unlimited
  • Bandwidth Unlimited
  • Bitninja Smart Security
  • Cloudflare
Sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin membuat situs online menggunakan Cloud hosting.
Rp 58.900,-
2
9.6
  • SSD 2GB
  • Bandwidth Unlimited
  • Bitninja Smart Security
  • Cloudflare
Sebagai alternatif Cloud hosting (dengan fitur Cloudflare) yang bisa Anda gunakan.
Rp 40.000,-
3
9.4
  • SSD Space 2GB
  • Bandwidth Unlimited
  • Bitninja Smart Security
  • Cloudflare
Sebagai alternatif Cloud hosting (dengan fitur Cloudflare) yang bisa Anda gunakan.
Rp 75.000,-

cloud hosting

Inilah penjelasan mengenai Cloud hosting

Bagi Anda yang berkecimpung di dunia multimedia atau internet pasti tidak asing lagi dengan Cloud hosting. Nah pasti masih banyak yang bingungkan apa itu Cloud hosting dan apa fungsinya serta bagaimana cara kerjanya. Sebelum membahas Cloud hosting ada baiknya Anda sebagai orang yang awam terhadap internet dan dunia multimedia mengenal terlebih dahulu apa itu hosting. Karena kebanyakan orang saat ini menggunakan internet hanya sebatas bermain sosial media atau mencari bahan lewat mesin pencari. Jadi hosting adalah penyewaan tempat yang berfungsi untuk menyimpan data yang diperlukan oleh website dan dapat diakses lewat internet. Biasanya data berupa file, gambar, email, aplikasi dan database. Untuk mempermudahkan, hosting itu dapat diibaratkan dimana sebuah website adalah kios penyewa ruangan di Mall. Dimana pengelola Mall menyediakan ruangan, listrik dan fasilitas lainnya. Dan setiap kios memiliki dekorasi, pengelolaan dan cara beroperasi tersendiri. Dimana kios yang disewakan tentunya mempunyai batasan yang disesuaikan dengan besarnya gedung Mall tersebut.

Mengenal Cloud hosting

Cloud hosting adalah layanan hosting yang terhubung dengan lebih dari satu server. Sehingga penggunanya tidak perlu khawatir dengan kinerja server yang tidak stabil atau terbatasnya sumber daya pada hosting tradisional seperti shared hosting. Cloud hosting sendiri adalah bentuk baru dari hosting yang sedang populer saat ini. Konsep yang diusung oleh hosting ini adalah “Divide and Rule” yang memiliki arti bahwa sumber daya yang digunakan dalam menjaga website tetap terhubung dan tersebar dibeberapa web server dan akan dialokasikan sesuai dengan jumlah kebutuhan. Pemberlakuan sistem seperti ini bertujuan untuk mengurangi terjadinya downtime apabila terjadi kerusakan pada server.

Kelebihan dari Cloud hosting sendiri adalah memudahkan untuk mengelola beban puncak secara mudah tanpa membuat Anda menghadapi resiko kekurangan bandwdth karena pada server lain menyediakan sumber daya tambahan. Dikatakan Cloud hosting adalah karena sekelompok server yang bekerja sama diibaratkan dan disebut sebagai awan atau dalam bahasa Inggrisnya adalah Cloud. Apabila Anda masih kurang mengerti seperti apa Cloud hosting itu maka Anda dapat melihat Google. Dimana Google merupakan perusahaan yang menerapkan sistem Cloud hosting, sehingga memudahkannya dalam menempatkan sumber dayanya ke dalam ratusan Cloud hosting. Dimana membuat mesin pencari ini tidak pernah mengalami downtime selama dekade terakhir ini. Dimana membuat Google tidak pernah mengalami downtime selama beberapa terakhir ini.

Cara kerja Cloud hosting

Cara kerja pada Cloud hosting adalah setiap serever pada jaringan Cloud hosting memiliki tugas tersendiri. Apabila terjadi gangguan pada sebuah server maka server lain akan menggantikan server yang rusak tersebut dan mengganti pekerjaannya dimana menyediakan sumber daya yang diperlukan, hal tersebut akan terjadi apabila munculnya kasus overloading atau kelebihan beban. Diperlukan hardware yang memiliki kualitas tinggi agar mampu menjalankan berbagai tugas dimana untuk memastikan Cloud hosting tersebut berjalan dengan baik. Tetapi jangan sampai Anda menggunakan hardware yang berkualitas rendah karena hanya akan menghilangkan manfaat dari Cloud hosting dan membuat Anda mengeluarkan biaya yang tinggi tanpa menghasilkan sesuatu secara signifikan. Salah satu cara melihat apakah penyedia layanan Cloud hosting bekerja dengan baik dan memiliki kualitas yang tinggi adalah dengan melihat apakah layanan Cloud yang diberikan sudah handal dan melebihi dari dedicated server.

Keunggulan dari Cloud hosting

Berikut ini adalah 2 keunggulan utama jika Anda menggunakan Cloud hosting:

1. Menghindari keterbatasan hardware

Hardware pada komputer tentunya memiliki batasan dalam melakukan penyimpanan data, jadi Cloud hosting dapat memastikan penggunaan RAM, CPU, qouta hardisk dan semua proses akan terpenuhi. Apabila terjadi peningkatan dalam kebutuhan, maka Anda dengan mudahnya dapat memperluas kapasitas yang sesuai dengan yang Anda inginkan. Dimana perusahaan hosting mampu menambah sumber daya sesuai dengan permintaan dan keinginan pelanggan.

2. Mengeluarkan biaya sesuai kebutuhan

Anda dapat mengatur dan menentukan sumber daya yang Anda butuhkan karena Cloud hosting memiliki sistem pengelolaan sumber daya sendiri. Anda dapat memilih ukuran server yang termasuk RAM, disk space dan sistem operasinya. Anda akan melakukan pembayaran sesuai dengan resource yang telah digunakan.

Bagaimana cara memilih Cloud hosting terbaik untuk situs Anda

Bagi beberapa orang yang tidak berkecimpung dalam dunia blog, Cloud hosting mungkin terdengar sangat asing di telinga. Layanan Cloud hosting adalah teknologi terbaru hosting yang memiliki performa dan kinerja yang lebih baik dibanding dengan hosting klasik. Pemrosesan data pada Cloud hosting bisa 10 kali lebih cepat dibanding hosting biasa karena semua layanan ditempatkan pada komputasi awan atau Cloud server yang tangguh dengan disk storage SSD. Seiring berjalannya waktu, semakin banyak pihak yang membutuhkan layanan Cloud hosting. Ini menyebabkan peningkatan pada jumlah pihak yang menawarkan Cloud hosting dengan berbagai variasi harga. Bagaimana cara memilih Cloud hosting terbaik tentu tidak semata- mata didasarkan pada harganya yang murah saja.

Menggunakan Cloud bisa diartikan memberikan kepercayaan pada pihak ketiga tentang data anda. Anda harus mempertimbangkan banyak hal lain apalagi Cloud hosting akan digunakan dalam jangka waktu yang tidak hanya sebentar. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam memilih Cloud hosting terbaik:

Server realibility uptime score

Layanan hosting terbaik yaitu yang selalu on dua puluh empat jam sehari dan tujuh hari dalam seminggu. Anda bisa melihat up dan running systemnya. Hosting yang direkomendasikan untuk anda adalah hosting yang memiliki nilai diatas 99,5 %. Untuk hosting yang masih memiliki nilai dibawah 99%, lebih baik tidak anda pilih.

Kapasitas penyimpanan

Cara memilih Cloud hosting terbaik yang kedua yaitu dengan memperhatikan kapasitas penyimpanan yang Cloud hosting berikan. Kapasitas penyimpanan akan memberikan pengaruh yang cukup besar bagi website anda. Tidak jarang website anda membutuhkan kapasitas yang cukup besar untuk memuat semua profilenya. Akan tetapi anda harus berhati- hati ketika menemukan Cloud hosting yang menawarkan kapasitas penyimpanan yang besar dengan harga yang sangat murah. Anda harus menelitinya dengan baik karena biasanya akan ditemukan kelemahan pada kinerja Cloud hosting tersebut.

Jumlah client

Kita bisa melihat kualitas Cloud hosting dari jumlah client yang dimiliki. Jika jumlah client masih cukup sedikit, kita bisa menduga bahwa hosting tersebut masih baru dan belum cukup berpengalaman. Tentu akan sangat beresiko mempercayakan website anda pada hosting tersebut. Berbeda halnya jika suatu hosting memiliki client dari website ternama yang memiliki banyak pengunjung. Tentu kualitas dari hosting tersebut tidak perlu diragukan lagi sampai- sampai website ternama pun memberikan kepercayaan kepadanya.

Mengetahui kecepatan dan spesifikasi server

Dalam memilih web hosting, anda juga perlu memperhatikan spesifikasi server yang digunakan oleh hosting tersebut. Spesifikasi server akan memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap kestabilan website anda. Anda bisa mencari tahu dengan menanyakannya secara langsung pada penyedia web hosting. Ukuran RAM yang digunakan juga harus anda perhatikan diperhatikan. RAM akan mempengaruhi kemampuan menangani trafik pengunjung yang besar dan request data yang harus dijalankan. RAM yang terlalu kecil akan berakibat cukup fatal. Server akan down dan tidak bisa diakses ketika jumlah pengunjung sangat banyak.

Bandwidth

Anda disarankan untuk memilih hosting bandwidth yang unlimited atau tidak terbatas agar anda tidak bigung jika kehabisan data setiap bulannya. Bandwidth merupakan ukuran jumlah data yang bisa diakses dengan menggunakan Cloud hosting selama sebulan. Memilih yang unlimited tentu membuat anda lebih maksimal dalam penggunaannya.

Add on Domain

Pada saat ini hampir 80% dari para blogger menggunakan lebih dari satu domain. Add on Domain merupakan layanan yang bisa anda pilih agar anda bisa menggunakan banyak domain dalam satu akun hosting. Ini bisa membuat anda sedikit menghemat karena tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk membeli hosting baru untuk domain anda yang lain. Tapi jika anda hanya memiliki satu web saja opsi ini sifatnya opsional. Anda bisa memilih hosting yang tidak menyediakan layanan add on Domain.